4 Tips Berolahraga dengan Treadmill Bagi Pemula

===
img

Kardio merupakan salah satu model olahraga yang tepat bagi para pemula. Biasanya latihan ini dilakukan dengan menggunakan alat seperti sepeda statis, cross trainer dan tentunya, treadmill.

Membakar kalori dan membentuk tubuh adalah sebagian keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari latihan kardio menggunakan treadmill. Seperti yang dikutip dari Lifemojo, berikut tips melakukan olahraga dengan menggunakan treadmill agar lebih efektif dan menyenangkan.

1. Kenali dengan baik alat treadmill yang digunakan
Mengetahui cara kerja alat merupakan langkah pertama yang harus dilakukan agar latihan Anda sukses. Sebelum berlari di atas treadmill, tanyakan lebih dahulu kepada pelatih fitness untuk mengetahui dengan jelas sistem dan fungsi panel kontrol serta statistiknya. Jangan terburu-buru untuk segera menggunakannya, selain tidak efektif Anda pun bisa berisiko terkena cedera.

2. Pastikan Anda melakukan pemanasan
Pemanasan yang tepat merupakan dasar dari semua jenis program lathan, tanpa terkecuali berjalan di treadmill. Lakukan jalan cepat sebelum memulai latihan treadmill, Anda bisa melakukannya di dalam maupun di luar ruangan. Kemudian regangkan otot kaki secara perlahan. Setelah semua otot terasa siap, maka Anda bisa berlari dengan nyaman.

3. Tingkatkan incline treadmill Anda
Saat berlari dengan menggunakan treadmill, jangan ragu untuk meningkatkan satu persen hingga tiga persen incline treadmill agar terasa seperti berlari di atas jalan yang menanjak. Memvariasikan incline Anda sangat baik untuk membakar lemak pada bagian bawah tubuh.

4. Buat latihan Anda lebih menyenangkan
Salah satu faktor utama seseorang menghindari latihan treadmill adalah rasa bosan. Untuk mengatasi masalah kebosanan buatlah waktu olahraga Anda menjadi lebih menyenangkan dengan mendengarkan musik, menonton film atau melakukannya bersama teman-teman. Dengan begitu tak akan ada lagi rasa bosan saat berlari di atas treadmil

No comments: