Mengatasi Susah Tidur

===
Manusia sebagai mahluk sosial selalu memiliki aktifitas yang padat dan tidak jarang menghabiskan jatah waktu tidur. Para aktivis dan politikus bila ada sesuatu yang harus diselesaikan terlebih menyangkut kebutuhan orang banyak, tidak sedikit dari mereka tersita waktu tidurnya. Ini dikarenakan tanggungjawab moral sebagai milik publik. Contohnya anggota depeer ( DPR ) yang katanya dewan perwakilan rakyat, bia mereka rapat tidak jarang waktu tidur mereka tersita. Orang-orang yang suka chating dan berlama-lama didepan komputer, ini biasanya sering terjadi bagi pemula, sehingga tidak tahu apakah harus istirahat atau tidak. Artinya mereka tidak menyadari kalau ngeblok berlama di depan komputer ada banyak yang diserang, diantaranya sakit pinggal, karena kurang minum sebab kalau banyak minum akan terganggu untuk terus buang air, padangan mata yang tidak istirahat akan melelahkan syaraf mata sehingga mata dapat menjadi radang merah dan kering. Badn dapat menjadi letih karena cairan dalam tubuh akan menjadi kering. Pergerakan badan akan kurang sehingga peredaran darah dapat tidak lancar, sehingga dapat mengancam penyumbatan pada pembuluh darah alias sakit jantung. Karena pembuluh darah akan tertimbun dengan lemak. Makan tidak teratur karena tidak merasa lapar.


Susah tidur bukan hanya disebabkan kedua diatas. Kurang tidur bisa juga disebabkan karena sakit, misalnya sakit maag, sakit kepala dan yang paling parah sakit kejiwaan. Inilah kisah seseorang yang bercerita seperti berikut :
www.google.co.id/imgres
Akibat dari sulit tidur seperti yang sebagian teman saya dialami bermacam-macam, ada yang kurang konsentrasi di siang hari, ada pula yang mengeluh badan tidak bergairah dan masih banyak lagi dampaknya. Nah saya harap sahabat dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengatasi sulit tidur.
Ada beberapa langkah untuk mengatasi kesulitan tidur, tanpa menggunakan obat-obatan, melainkan hanya dengan cara-cara sederhana yang dapat dilakukan sendiri, berikut tips ampuh mengatasi susah tidur :
1. Mula-mula tentukan waktu tidur dan bangun secara teratur. Tidur pada saat yang berubah-ubah akan membuat badan dalam kondisi siaga. Akibatnya tubuh selalu dalam keadaan tegang. Jika sudah di tentukan saat tidur dan bangun, seyogyanya dipatuhi.
2. Apabila seseorang sulit tidur, tidak dianjurkan tidur pada siang hari. Tidur di siang hari akan mengurangi kebutuhan tidur di malam hari. Akibatnya pada malam hari tidur akan sering terjaga.
3. Tempat tidur seyogyanya hanya digunakan untuk tidur dan tidak di gunakan untuk kegiatan lain. Misalnya menonton TV, Menulis dan sebagainya.
4. Jangan menggunakan peralatan elektronik seperti ponsel menjelang tidur.
5. Olahraga dapat membantu mengatasi sulit tidur. Lakukan olah raga pada sore hari atau setelah matahari terbenam.
6. Hindari makanan minuman tertentu seperi makanan manis sebaiknya dihindari menjelang tidur, demikian pula minuman yang mengandung alkohol, teh serta kopi.
7. Dianjurkan mandi air hangat dan minum susu hangat menjelang tidur dan kecilkan lampu atau padamkan lampu penerangan di kamar.
Semoga susah tidur anda dapat teratasi dengan baik.

No comments: