FLU DAN PILEK PADA ANAK-ANAK

===
Flu disebabkan oleh infeksi virus. Tidak ada obat pilek yang efektif untuk bayi adan anak. Lamanya flu bervariasi bisa 3 hari samapi 2 minggu. Tergantung daya tahan tubuh kita saat itu dan tergantung ada tidaknya orang lain yang juga sakit flu di rumah atau di sekolah si anak.
Yang paling dibutuhkan saat anak sakit flu adalah Cairan. Termasuk air buah. Upayakan agar anak sering minum meski sedikit-sedikit. Selain itu, supaya “ingus” tidak kental dan menyumbat jalan nafas, berikan air garam steril sebagai tetes hidung.
Air garam steril ini adalah air garam yang ada dalam tubuh kita sehingga tidak akan menimbulkan efek samping. Hal lain yang juga banyak membantu adalah memberikan uap air panas (bisa dicampur dengan vicks) untuk hirup oleh anak/bayi.
Bila malam hari bayi tidak bisa tidur karena hidung tersumbat, berikan tetes hidung untuk menghilangkan pembengkakan di dalam hidung misalnya lliadin. Di lain pihak, kita sering mengacaukan alergi dengan flu. Pada alergi yang sering mengenai hidung, anak juga akan “meler” dan itu tidak berarti anak menderita infeksi virus flu. (diolah dari beberapa sumber).

No comments: