7 Makanan Untuk Daya Tahan Tubuh

===
makanan

makanan


Meningkatkan daya tahan tubuh sangat penting terutama pada cuaca seperti ini. Bakteri dan virus mudah menjangkiti tubuh bila kita dalam keadaan tidak fit. Berikut makanan-makanan yang sejak dulu terkenal untuk memperkuat daya tahan tubuh kita :



  1. Yogurt

    Makanan yang terkenal akan ‘bakteri baik’ nya ini atau probiotics, ampuh untuk membunuh kuman dalam tubuh penyebab penyakit. Mengkonsumsi yogurt tiap hari mampu memperkuat daya tahan tubuh.

  2. Oats dan Barley

    Gandum ini mengandung ‘Beta Glucan’, sejenis serat yang mengandung antimicrobial dan antioxidant. Bila mengkonsumsi ini, maka bisa menguatkan daya tahan tubuh, mempercepat proses penyembuhan luka.

  3. Bawang Putih

    Bawang putih mengandung “allicin” yang mampu melawan infeksi dan bakteri. Bila mengkonsumsi bawang putih secara rutin maka dapat mengurangi resiko terkena flu lebih besar. Serta mengurangi resiko kanker usus.

  4. Ikan

    Selenium
    , sangat banyak terkandung pada tiram, lobster, kepiting dan kerang. Membantu sel darah putih memproduksi cytokines-sejenis protein yang mampu membunuh virus flu pada tubuh. Ikan salmon, mackerel, dan herring adalah ikan yang kaya akan lemak Omega-3 yang sangat berguna bagi tubuh.

  5. Sup ayam

    Amino Acid cysteine
    , dikeluarkan pada saat ayam dimasak. Kandungan zat ini terdapat juga pada obat bronkitis acetylcysteine. Jadi bila merasa sedang tidak sehat, jangan ragu untuk menyantap semangkuk sup ayam.

  6. Teh

    Riset membuktikan, orang-orang yang terbiasa meminum 5 cangkir teh hitam (black tea) sehari mampu melawan virus dalam darahnya. Asam amino, L-theanine adalah zat yang berguna bagi daya tahan tubuh, terdapat juga pada teh hijau (green tea).

  7. Daging Sapi

    Kekurangan zat besi dapat menaikkan resiko terkena infeksi. Zat besi pada makanan sehari-hari anda sangat penting untuk pertumbuhan sel-sel darah putih, yang mampu membunuh bakteri, virus dan hal buruk lainnya dalam tubuh

No comments: