Datangnya si Bulan...

===
Normally, wanita mengalami haid pertama kali pada usia +/- 13 or 14 tahun. Namun, ada juga yang lebih cepat atau lebih lambat. Cepat lambatnya pengalaman haid pertama kali biasanya dipengaruhi oleh terhambatnya perkembangan pubertas, tidak terbentuknya hormon atau tidak terbentuknya sel telur. Tapi ga perlu kawatir karena tiap individu pola perkembangan tubuhnya berbeda meski berada dalam satu garis keturunan.

Haid pada perempuan umumnya terjadi sebulan sekali dengan jarak antara waktu haid adalah sekitar 21 - 35 hari. Nah, ga perlu kawatir donk kalo tiba2 haidmu datang lebih cepat atau lebih lambat karena selama masih berada dalam jangka waktu tersebut. Yang perlu diingat adalah, cara menghitung haid. Nih biasanya ditanya saat kamu berobat ke bidan atau dokter kandungan. Kapan haid terakhirnya..?? Tul nggak...??!!!!

Banyak orang yang keliru menentukan haid terakhir yang dialaminya. Rata2, mereka memberikan tanggal hari terakhir haid berakhir. Padahal, seharusnya memberikan tanggal haid terakhir dimulai.

Banyak hal yang dapat membuat haid tidak teratur, antara lain:
  1. Pola makan yang salah. Nie penyakit para cewe. Takut gemuk lalu diet nggak karuan. Berat badan emang turun, bahkan drastis. Tapi, sadarkah kamu bahwa hal2 seperti ini justru dapat berpengaruh dalam perkembangan hormon tubuhmu? Banyak resiko yang harus ditanggung oleh tubuh ketika seseorang menjalani diet yang tidak sehat atau bisa saya katakan pola makan yang salah. Salah satunya adalah haid menjadi tidak teratur. Jadi, jika ingin melaksanakan diet, tanya ke ahlinya. Jangan asal diet atau minum obat2an tertentu yang menjanjikan bentuk tubuh ideal. Perlu saya ingatkan, bahwa beberapa obat2an ini justru berbahaya jika dikonsumsi karena mengandung sejenis 'drugs'. Serem kan..??!!!!!
  2. Stress. Ini juga salah satu hal yang sering dan mudah dialami perempuan. Gaya hidup dan kurangnya istirahat dapat memudahkan perempuan terserang stress. Akibatnya, kerja hormon dalam tubuh pun jadi ga seimbang. Makanya, sayangilah tubuhmu meski bukan berarti jadi sering tidur dan tidak bergerak. Tidur yang cukup (sekitar 6 - 8 jam sehari), olah raga teratur (3 - 4 kali seminggu selama 1 jam atau setiap hari selama 15 menit), dan konsumsi makanan sehat.
  3. Sembarangan mengkonsumsi obat. Kadang, seking paniknya seorang perempuan menyebabkan dia bertindak bodoh dengan mengkonsumsi obat yang seharusnya belum perlu untuk diminum. Baru datang bulan sekali dua, langsung minum obat terlambat datang bulan. Toh kamu nggak melakukan aktifitas seks diluar nikah kan..?? Kalau iya, itu sih resiko yang harus kamu tanggung sendiri. Namun, saran saya, jika memang ada kekawatiran, sebaiknya konsultasi dengan bidan atau dokter kandungan. Jangan merasa malu..!!!!
  4. Menderita penyakit tertentu. Ini nie yang sering ditakutkan. Memang benar, ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan haid datang tidak teratur. Salah satunya adalah myoma (bener ga ya nulisnya..??). Namun, bukan berarti kalo haidmu tidak teratur lalu pasti ada penyakit

No comments: