Cara mengobati jerawat

===

Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceous gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit.

Banyak-banyak minum air putih


Sebetulnya air putih memiliki banyak khasiat yaang terkadung. Tampaknya memang sederhana, tapi terapi ini benar-benar manjur, tidak hanya untuk masalah jerawat saja bahkan untuk penyakit-penyakit berat lain sekalipun. Dengan bagusnya sistem “pengairan” di tubuh anda, maka darah anda ataupun organ lain tubuh anda akan bisa lebih “bersih” dan sehat sehingga akan mendukung proses penyembuhan anda dari jerawat atau penyakit lainnya.


Cuci muka

Selalu menjaga kebersihan wajah, rajin membasuh muka dengan sabun yang cocok dengan PH kulit anda. Berwudhu pun juga termasuk terapi ampuh untuk mengurangi jerawat.


Rajin berolah raga

Rajin berolahraga atau melakukan akitivitas fisik yang lumayan banyak menghasilkan keringat. Karena dengan begitu bakteri yang bersarang dikulit kita akan diangkat oleh keringat yang ada. Dan dengan berolah raga kulit kita akan terasa segar dan kencang.


Gunakan masker tradisional

Pilihlah salah satu cara dibawah ini untuk menghilangkan jerawat :

1. Memakai kencur yang diparut, peras, endapkan air perasan tadi. Sebelum memakai endapan tadi, cucilah wajah dengan air hangat, oleskan air (bukan endapannya) tadi ke wajah menjelang tidur. Endapan kencur tadi bisa digunakan untuk masker wajah yang dicampur dengan rumput teki, teri adas, lembutkan bahan-bahan tadi kemudian berilah air hangat. Pakailah untuk masker wajah.

2. Memakai masker pepaya. Pepaya yang sudah matang dihaluskan, dan pakailah untuk maskeran. Diamkan sampai kering. Kemudian bersihkan dengan air hangat, kemudian dibilas dengan air dingin atau air es. Lakukan 3x sehari.

3. Putih telur ditambah tepung jagung dan minyak zaitun. Campuran ini sangat bagus digunakan sebagai masker. Diamkan selama 1 jam. Setelah kering, basuh wajah dengan air hangat.

4. Jeruk nipis (Citrus aurantium) yang dioleskan pada wajah malam hari sebelum tidur dan baru dibersihkan pada pagi harinya, dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat. Hal yang sama juga dapat dilakukan dengan buah tomat (Solanum lycopersicum).

5. Ambil satu daun Lidah Buaya dan potonglah menjadi beberapa bagian. Kemudian iris kulit luarnya sebagian sampai tampak daging dan lendirnya yang putih. Nah oleskan saja dibagian yang muncul jerawat. Gunakan 3x sehari.

6. Ambil 5 buah belimbing wuluh, cuci bersih kemudian tumbuk sampai halus. Setelah itu remas-remas dengan air garam secukupnya. Gosokkan pada wajah atau bagian tubuh lain yang berjerawat. Lakukan tiga kali sehari.


Setelah jerawat menghilang dari wajah, untuk perawatan harian Anda bisa melakukan beberapa hal berikut. Bersihkan wajah sesering mungkin. Jangan gunakan air yang terlalu panas. Hal ini bisa menyebabkan kulit Anda iritasi. Jika akan berkendara roda dua, gunakan masker agar wajah yang bersih tidak terkena asap kendaraan. Jika timbul jerawat, usahakan untuk tidak memencetnya. Hal ini untuk menghindari peradangan. Perbanyak minum air putih, minimal delapan gelas per hari agar kondisi kulit wajah selalu dalam keadaan normal. Langkah terakhir adalah dengan melakukan olah raga yang teratur dan menghindari stres. Penggunaan obat jerawat yang bersifat ringan juga boleh digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan.

No comments: