Gimana Sih Memilih Kosmetik Ramah Lingkungan?

===

Memilih kosmetik yang tepat bisa membuat kita jadi agen pelestari alam. Bagaimana caranya?

Aturan utama, perhatikan kandungan dan kemasannya. Selain itu, ikuti juga tip dari Lauren dan Janice Cox, dalam bukunya, EcoBeauty: Scrub, Rubs, Masks, and Bath Bombs for You and Your Friends berikut ini.

* Hindari produk berkemasan ganda. Misalnya, sabun cair dalam kemasan botol yang kemudian dibungkus lagi dengan kotak karton. Kemasan yang terlalu banyak sama artinya dengan menciptakan sampah. Selain itu, pastikan juga kemasan produk yang kita beli dibuat dari bahan yang bisa didaur ulang.
* Periksa kandungan produk. Semakin sedikit kandungan kimianya, dampaknya bagi kulit dan lingkungan akan semakin baik. Yang terbaik, pilih produk berbahan dasar alami, bisa dari tumbuh-tumbuhan atau mineral.
* Beli produk dalam ukuran besar. Tujuannya, agar kita tak cepat kehabisan dan tak usah membeli produk terlalu sering. Dengan begitu, kita bisa mengurangi jumlah sampah kemasan yang biasanya berbentuk plastik atau kaca.
* Coba sebelum membeli. Mintalah sampel sebelum membeli produk. Atau, ketika sebuah kosmetik baru diluncurkan, biasanya tersedia sampel kecil yang bisa dicoba. Misalnya, pelembab, toner, atau foundation. Dengan lebih dulu mencoba sampel, kita akan bisa memastikan bahwa produk tersebut benar-benar cocok dan terpakai. Dengan begitu, kita pun terhindar dari aksi pemborosan belanja kosmetik

No comments: