Keputihan

===
Keputihan dapat saja terjadi pada semua perempuan yang masih mengalami menstruasi. Nah, keputihan ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti bakteri, penggunaan tampon, saat haid/nifas, dan lain-lain..

Ciri keputihan adalah keluarnya cairan (bukan darah haid) dan biasanya diiringi rasa gatal, bangkak di daerah vagina, dan bau tak sedap... Mengganggu bukan..???!!!!!!

Jika keputihan yang dialami masih tergolong normal, yaitu jumlah cairan tidak berlebihan, tidak ada rasa sakit, warna cairan tidak kuning hingga kehijauan, maka kita dapat mengatasinya secara alami.

Salah satu cara yang dilakukan perempuan2 Indonesia sejak jaman dulu adalah dengan memanfaatkan daun sirih dan asam. Caranya: Rebus hingga mendidih dengan api sedang 2 liter air + 7 - 10 helai daun sirih + 1 - 2 buah asam gelugur atau 1 ibu jari asam jawa. Saring air. Gunakan, selagi hangat, air rebusan tersebut untuk membersihkan daerah vagina. Lakukan 2 - 3 kali sehari.

Akan tetapi, jika keputihan tidak normal apalagi diiringi rasa sakit dan sebagainya, sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan atau dokter kulit dan alat kelamin anda sehingga penanganannya lebih tepat

No comments: