Manfaat Tomat dan Khasiatnya

===

tomat


Semua pasti tau dan cukup familiar dengan yang namanya Tomat.selain mudah didapatkan, harganya murah, khasiatnya luar biasa namun tomat sering diabaikan.

Kandungan dan khasiat buah tomat itulah yang mampu mencegah kanker, gagal jantung dan Osteoporosis.


Tomat bukan buah yang asing lagi. Namun tingkat ketergantungan masyarakat indonesia terhadap buah ini belum terlalu banyak. Hanya sedikit orang yang mengkonsumsinya untuk kesehatan.


Kondisi itu jauh berbeda dengan orang dibelahan dunia barat, terutama Amerika Serikat. Disana tomat Menjadi salah satu buah yang paling digemari. Sedemikian Bergantungnya, semua produk yang dibuat dengan tomat pasti laku keras.


Bukan tanpa alasan mereka Begitu besa mengkonsumsi Tomat. Kandungan Senyawa Likopen, Betakaroten, Vitamin C dan A, yaitu anti oksidan yang meresap keseluruh tubuh untuk Melawan dan menetralkan Radikal bebas yang Merusak sel dan Dinding sel.


Sehingga Tomat Mampu Mencegah kerusakan pembuluh darah, diabetes yag bersifat kompleks, asma dan kanker.


Likopen adalah Karotenoid yang terdapat didalam tomat yang diketahui bekerja sebagai antioksidan dan mempunyai kemampuan mencegah sel dari gangguan Kanker. Kerjanya adalah dengan mengaktifkan enzim tertentu untuk pencegah kanker.


Penelitian Likopen Tidak hanya Dilaksanakan Terhadap Hewan Percobaan namun sudah langsung terhadap manusia. Penekanannya terhadap kemampuannya mecegah berbagai macam Kanker, termasuk Kanker usus, prostat, payudara, endometrium, paru-paru dan pankreas.


Pada Penelitian terhadap penderita kanker usus misalnya, diketahui bahwa gangguan itu erat kaitannya dengan rendahnya asupan likopen. Bahkan ada kesimpulan yang menyatakan. Rendahnya likopen menyebabkan meningkatnya serangan kanker usus, sementara penyebab terbesar setelah itu adalah MEROKOK.


Selain itu, tomat kaya akan kandungan serat yang sudah terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol dan mempertahankan kadar gula darah.


Kandungan penting lainnya dalam buah tanaman bernama latin Solanum Lycopersicum ini adalah unsur mangan, kromium, magnesium, besi, fosfor, Vitamin K, Vitamin B1, B6, niasin, B2, asam pantotenat dan protein. Kandungan vitamin A, c dan K termasuk dalam kategori LUAR BIASA.


Mencegah Kanker Prostat

* Menarik sekali untuk memperhatikan sebuah hasil penelitian terhadap penderita kanker prostat. Ternyata bukan hanya likopen, tetai senyawa kandungan buah tomat lainnya juga diperlukan untuk bekerja bersama-sama mencegah kanker prostat.


* Hasil penelitian ini menepis pandangan sementara orang mengatakan, kanker prostat cukup dicegah melalui konsumsi suplemen likopen saja. komponen kandungan buah tomat lainnya diperlukan juga untuk mengoptimalkan kerja likopen.


Pencegah osteoporosis

* Masih ingatkah adnda pada ungkapan yang berbunyi makan sebuah apel setiap hari, maka kita aan terhindar dari penyakit. Ungkapan itu juga berlaku untuk buah Tomat, yaitu dikaitkan dengan khasiatnya sebagai pencegah oteoporosis. Terutama bagi wanita pasca menopause.


* Lagi-lagi Khasiatnya erat dengan kandungan likopen Tomat yang terbukti meningkatkan keberadaan cell protecting antioxidant, dimana dapat menurunkan risiko terjadinya osteoporosis. Dua gelas jus tomat sehari, kata seorang ahli, bisa meningkatkan kebutuhan antioksidan yang menjaga sel.


* Pernyataan itu didukung melalui hasil riset yang dilaksanakan terhadap dua kelompok manusia, dimana satu kelompok mendapatkan makanan tanpa likopen (bebas likopen). Sementara kelompok lain memperoleh makanan kaya likopen.


* Hasilnya, pada kelompok yang mengkonsumsi makanan bebas likopen telah terjadi penurunan likopen dan antioksidan yang signifikan di dalam tubuh disertai pula dengan peningkatan stres oksidatif yang merupakan indikasi terdapatnya kerusakan sel.


* Pada kelompok bebas likoen terjadi peningkatan resorpsi tulang yang berarti telah terjadi peningkatan resiko serangan osteoporosis (Kerapuhan tulang). Pada kelompok yang memperoleh likopen di dalam makanan mereka, terlihat peningkatan kapasitas antioksidan, penurunan parameter stres oksidatif dan penanda resorpsi tulang.


Penjaga kita dari Gangguan Jantung


# Kita sudah sering mendengar tentang makanan yang harus dihindari agar terbebas dari berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan jantung, termasuk tekanan darah tinggi.


# Namun, kita jarang mendengar makanan yang disarankan untuk mencegah gangguan itu, Nah, Tomat adalah salah satunya yang berpotensi menjaga kesehatan jantung.


# bagaimana tomat berperan dalam hal ini? Kesehatan jantung berkaitan erat dengan kondisi pembuluh darah arteri, dimana aterosklerosis (Penebalan dinding arteri) memberikan andil pada gangguan kesehatan jantung, termasuk tekanan darah tinggi.


# Penebalan dinding itu antara lain berasal dari tumpukan lemak. sementara tomat mengandung niasin, vitamin B6 dan asam folat yang bekerja menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mengubah


Tomat Yang Dimasak Lebih Berkhasiat


* Yang perlu diperhatikan tomat yang sudah dimasak memberikan perlindungan lebih tinggi dibandingkan tomat mentah. Ini karena tomat yang dipotong-potong dan dimasak terbukti membuat kerja zat anti kanker menjadi lebih tinggi.


* Ada penelitian yang membuktikan, tomat dan produk tomat yang berwarna sangat merah kandungan likopennya lebih tinggi. Jadi pastikan kita selalu memilih produk asli dari tomat yang berwarna sangat merah tanpa campuran zat pewarna apapun.


* Membeli tmat pun sebaiknya memilih yang berwarna sangat merah yang berkulit licin dan tidak berkerut. Karena peka terhadap cuaca dingin, maka sebaiknya tomat disimpan pada temperatur kamar dan dijauhkan dari sinar matahari langsung.


* Buah yang sangat matang dapat disimpan di lemari es yang tidak bersuhu terlalu tinggi.


* Yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan adalah likopen bersifat mudah larut dalam lemak, jadi kalau dikonsumsi bersama makanan kaya lemak, umpama alpukat dan minyak zaitun, maka penyerapan didalam tubuh akan lebih maksimal.


* Upayakan mengkonsumsi semua bagian buah tomat agar kita memperoleh manfaat yang optimal

No comments: