Selain Bakar Kalori, Olahraga Juga Membuat Kenyang

===
img

Kita semua tahu, olahraga adalah cara paling efektif untuk membakar lemak dan kalori berlebih dalam tubuh. Tapi yang tidak banyak orang tahu, olahraga ternyata juga bisa membuat perut merasa kenyang, sehingga hasrat untuk makan pun berkurang.

Sebuah studi terbaru yang dipimpin José Barreto C. Carvalheira dari University of Campinas, Brazil, mengungkapkan manfaat lain tentang olahraga. Selain dapat membakar kalori, olahraga dapat merangsang sel-sel saraf untuk mengirimkan sinyal kenyang ke otak. Hal tersebut dapat menurunkan konsumsi makanan dan menyebabkan penurunan berat badan.

Seperti dikutip dari Times of India, studi tersebut memberikan harapan bagi penduduk yang bermasalah dengan berat badan dan obesitas di seluruh dunia. Ada lebih dari 40 persen penderita obesitas dari populasi penduduk dunia.

Konsumsi lemak berlebih diyakini dapat menggagalkan sinyal yang dikirimkan oleh neuron untuk mengendalikan rasa kenyang di daerah otak, atau disebut hipotalamus. Kegagalan ini justru mendorong asupan makanan yang tak terkendali dan berakibat obesitas.

Tim peneliti yang dipimpin Carvalheira membuktikan bahwa tikus gemuk yang berolahraga menunjukkan adanya sinyal kenyang dari neuron pada hipotalamus dan berkurangnya konsumsi makanan. Hal ini mereka percaya juga berlaku pada manusia.

Aktivitas fisik memberikan kontribusi kepada pencegahan dan pengobatan obesitas. Tidak hanya meningkatkan pemakaian energi, tetapi juga mengatur sinyal kenyang dan mengurangi asupan makan.

selain-bakar-kalori-olahraga-juga-membuat-kenyang

No comments: