Tips Kesehatan Seksual Pria Subur dan Jantan

===
Kesehatan seksual bagi pria merupakan hal yang sangat penting sekali, hal yang paling mengerikan adalah manakala seorang pria mengalami disfungsi ereksi atau impotensi yang membuatnya sulit melakukan ereksi saat berhubungan seksual. Tapi ada tips dan cara menjadi pria subur dengan menghindari kebiasaan berikut.
Asal tahu saja, kesulitan mendapatkan anak bukan hanya perempuan yang menjadi penyebabnya. Sepertiga masalah pasangan sulit hamil berasal dari laki-laki yang mengalami gangguan kesuburan.
Ketidaksuburuan atau infertilitas adalah ketidakmampuan untuk hamil dalam waktu 1 tahun setelah rutin berhubungan tanpa kontrasepsi.
Masalah gangguan kesuburan pria ini antara lain faktor genetik, kondisi kesehatan, infeksi, stres hingga penggunaan obat-obatan tertentu.
Seperti dikutip dari MSNHealth, Jumat (26/11/2010) ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh seorang laki-laki untuk meningkatkan peluangnya mengatasi atau menghindari ketidaksuburan.
Tips kesuburan pria, setidaknya ada 7 cara membuat pria jadi subur yaitu:
Katakan selamat tinggal untuk pakaian ketat
Menggunakan pakaian longgar atau yang tidak ketat akan memungkinkan bagi testis untuk bernapas. Hal ini karena pakaian yang ketat bisa meningkatkan suhu testis sehingga dapat membunuh atau menurunkan kemampuan sperma dalam membuahi sel telur.
Menjauhlah dari bak air hangat
Berendam air hangat atau air panas bisa merusak kesuburan dengan cara membunuh sperma yang sudah dihasilkan. Namun dokter mengungkapkan masih tetap aman untuk menggunakan kamar uap (steam room).
Mengonsumsi L-karnitin dan asetil-L-karnitin
Laki-laki dengan jumlah sperma yang rendah bisa mencoba mengonsumsi suplemen makanan yang mengandung L-karnitin dan asetil-L-karnitin. Kandungan ini memainkan peran dalam proses perkembangan, pematangan dan pemeliharaan sperma, sehingga dapat mengoptimalkan kuantitas dan kualitas sperma.
Berhenti menggunakan kondom
Jika sedang menjalani hubungan monogami dan merencanakan untuk memiliki anak, sebaiknya hentikan penggunaan kondom untuk meningkatkan peluang tersebut.
Jangan berlebihan dalam berhubungan seks
Berhubungan seks secara berlebihan tidak akan meningkatkan peluang pasangan untuk hamil, bahkan jika seseorang melakukan 4-5 kali hubungan seks dalam sehari. Hal ini karena jumlah sperma menurun drastis setelah ejakulasi, dan biasanya membutuhkan waktu 48 jam untuk bisa mencapai tingkat pra-ejakulasi.
Mengonsumsi antioksidan
Nutrisi yang dikonsumsi bisa membantu sperma tumbuh sehat. Hal ini karena tingkat radikal bebas yang tinggi dapat menyebabkan kemandulan pada beberapa laki-laki, karena radikal bebas dapat merusak sel-sel yang sehat termasuk sperma.
Sperma memang memerlukan radikal bebas untuk membuah sel telur, tapi jumlahnya hanya sedikit. Jika terlalu banyak bisa merusak membran sel sperma dan DNA, serta mengurangi kemampuan sperma untuk membuahi. Untuk itu bagi perokok atau laki-laki dengan tingkat radikal bebas tinggi, diharapkan mengonsumsi banyak antioksidan seperti beta karoten, vitamin C dan vitamin E.
Sedikit atau tidak sama sekali konsumsi alkohol
Studi menunjukkan laki-laki yang mengonsumsi alkohol dalam jumlah besar dapat merusak kesuburannya. Seorang peminum berat sangat mungkin berakhir dengan hati yang rusak, tingkat estrogen yang meningkat di dalam hati yang rusak dapat menyebabkan gangguan produksi sperma.
Makan Pisang Bikin Pria Makin Subur
Bila pria ingin cepat memiliki anak atau ingin mengatasi masalah kesuburan, cobalah teratur untuk mengonsumsi pisang. Hal ini karena pisang memiliki kandungan yang dapat meningkatkan kesuburan pria.
Dikutip dari Thestar, Rabu (13/10/2010), seorang ahli urologis asal Singapura menyatakan bahwa pria dapat meningkatkan kesuburannya dengan mengonsumsi pisang teratur setiap 3 hari sekali.
Pisang yang hidup subur di iklim tropis basah dengan tanah lembab dan panas ini mengandung banyak magnesium, vitamin A, B1, C, serta protein yang sangat dibutuhkan pria untuk meningkatkan dan merangsang produksi sperma lebih banyak.
Zat-zat yang terkandung dalam pisang inilah yang diklaim bisa meningkatkan keseburuan. Kandungan asam amino L-arginine dan L-carnitine dapat meningkatkan produksi sperma.
Tapi sebenarnya sereal, sayuran hijau, kacang polong, zink dari daging tidak berlemak (tenderloin), serta sumber vitamin D dari susu dan salmon juga bisa menambah jumlah sperma. Namun peneliti lebih menekankan ke pisang karena buah ini dianggap paling mudah dicari di daerah tropis.
Tapi selain sperma, testosteron juga berperan dalam meningkatkan kesuburan pria. Testosteron atau sering disebut hormon pria merupakan salah satu hormon utama yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan otot, libido (kesehatan seksual dan suasana hati), serta untuk organ secara keseluruhan dan kesehatan tulang.
Namun, meningkatnya jumlah sperma dan testosteron tidak hanya dipengaruhi oleh nutrisi dari makanan. Gaya hidup yang tidak sehat juga sangat mempengaruhi tingkat kesuburan pria.
Para dokter dan pakar seksologi mengatakan bahwa orang harus menghindari minum alkohol, rokok, stres, mandi air panas dan menghabiskan waktu berlama-lama di sauna untuk dapat menjaga kulaitas sperma dan meningkatkan kesuburan.
Agar Kelamin Pria Tetap Sehat dan Kuat
Banyak pria yang ingin meningkatkan energi dan hasrat seksual dengan berbagai cara, tetapi hanya sedikit yang peduli untuk merawat kesehatan organ intimnya. Padahal kesehatan organ kelamin pria juga memainkan peran penting dalam kesehatan umum. Bagaimana membuat organ kelamin pria tetap sehat dan kuat?
Dilansir Livestrong, Sabtu (27/11/2010), ada beberapa vitamin dan herbal yang bisa digunakan untuk menjaga organ kelamin pria tetap sehat dan kuat, antara lain:
1. Vitamin E
Vitamin E merupakan vitamin yang penting untuk menjaga kesehatan kelamin pria, terutama yang menderita penyakit Peyronie, yaitu kondisi yang ditandai oleh plak atau benjolan keras, yang terbentuk pada jaringan ereksi penis. Jaringan bekas luka atau plak pada jaringan abnormal penis dapat menyebabkan rasa sakit ketika penis ereksi atau orgasme.
Meskipun tidak ada obat untuk penyakit Peyronie, dokter biasanya merekomendasikan obat, suntikan atau operasi untuk membantu meringankan gejala. Vitamin E juga dapat membantu meringankan gejala.
2. Gingko Biloba
Gingko biloba telah lama digunakan sebagai ramuan obat untuk mengobati gangguan peredaran darah. Untuk alasan ini, gingko biloba dapat membantu meningkatkan kesehatan penis dengan meningkatkan sirkulasi ke organ. Hal ini khususnya memainkan peran dalam pengobatan disfungsi ereksi.
3. Vitamin C
Mengkonsumsi suplemen vitamin C atau mengubah diet untuk memasukkan lebih banyak makanan kaya vitamin C, dapat menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan seksual. Vitamin C memainkan peran penting dalam tubuh untuk tumbuh dan memperbaiki jaringan di seluruh tubuh, termasuk pada penis.
Tubuh membutuhkan vitamin C untuk membantu membuat kolagen, yaitu protein yang membuat pembuluh kulit dan darah, keduanya banyak terdapat di organ seksual. Untuk itu, orang yang memiliki masalah seksual seperti disfungsi ereksi, ejakulasi dini atau masalah dengan hasrat seksual, vitamin C dapat membantu.
MayoClinic.com juga mengungkapkan bahwa kekurangan vitamin C dapat menyebabkan jumlah sperma menjadi lebih sedikit, yang pada akhirnya dapat berkontribusi terhadap infertilitas (ketidaksuburan).
4. Ginseng
Tanaman ginseng yang sering ditemui dalam bentuk teh memainkan peranan dalam menjaga kesehatan penis dengan beberapa cara. Menurut National Institutes of Health National Center for Complementary and Alternative Medicine, ginseng dapat digunakan untuk meningkatkan stamina dan mengobati disfungsi ereksi.
Tanda-tanda Air Mani yang Sehat
Air mani atau semen bagi pria adalah satu hal yang menentukan kehidupan seksnya. Di dalam air mani atau semen ini ada jutaan sperma yang akan menentukan tingkat kesuburannya. Seperti apa air mani yang sehat?
Bagi pria mengalami ereksi dan ejakulasi yang kuat dengan air mani yang banyak adalah sebuah kehidupan seks yang menyenangkan.
Memang beberapa orang secara alami berbakat untuk menghasilkan air mani dalam jumlah yang besar. Masalahnya tidak semua pria menghasilkan air mani yang banyak karena produksi semen juga sangat dipengaruhi oleh cara hidup.
Tapi satu yang pasti, semua pria mampu meningkatkan produksi air mani yang banyak untuk menikmati ejakulasi yang kuat. Salah satu caranya melakukan kebiasaan hidup yang sehat.
Seperti dilansir netdoctor.co.uk dan medicalnews.com, Minggu (28/11/2010) ada tanda-tanda untuk melihat apakah air mani seorang pria masuk kategori normal atau tidak, yaitu:
1. Air mani atau semen yang sehat biasanya berwarna putih atau abu-abu, kadang-kadang berwarna kekuningan. Jika air mani berwarna merah muda atau merah itu artinya ada masalah serius yang harus ditanyakan ke dokter karena tandanya mengandung darah yang nantinya bisa didiagnosa dokter.
2. Ketika ejakulasi air mani membentuk cairan yang lengket seperti jelly. Jika terlalu encer dapat menyebabkan masalah kesuburan.
3. Rata-rata volume air mani normal yang dihasilkan pada ejakulasi adalah 2-5 ml (setengah sampai 1 sendok makan ukuran Inggris).
Volume air mani menjadi bermasalah jika kurang dari 1,5 ml yang disebut hypospermia yang membuat ejakulasi menjadi kering. Sementara jika jumlah semen lebih dari 6 ml secara terus-menerus maka kondisinya disebut hyperspermia.
4. Dalam setiap 1 ml air mani seharusnya terdapat ada 20 juta sperma. Atau jumlah sperma minimal untuk pria subur adalah 40 juta sperma dimana 75 persennya harus hidup.
5. Dari jumlah sperma yang hidup tadi, maka 25 persennya harus bisa berenang dengan cepat menuju sel telur. Dan 30 persennya harus berbentuk normal alias sempurna.
Jumlah air mani yang normal sangat bagus untuk kesehatan pria karena bisa:
1. Meningkatkan kualitas sperma
2. Meningkatkan libido.
3. Menghasilkan keturunan yang sehat banyak.
4. Meremajakan tubuh
5. Terlihat tampak muda.
6. Memberikan energi dan kekuatan untuk tubuh.
7. Membangun kekebalan terhadap penyakit.
Maka itu jagalah volume air mani yang normal dan sehat dengan melakukan hal-hal seperti menjauhi kebiasaan merokok, konsumsi alkohol. Menghindari hal-hal yang bisa memicu testis panas seperti keseringan memakai celana ketat, terlalu lama duduk. Meningkatkan sirkulasi dalam tubuh dengan makan sehat dan olahraga.
Cara agar pria makin jantan dan ereksi lebih kuat
Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan ereksi yang lebih kuat dan lama yang juga melawan impotensi, yaitu sebagai berikut:
1. Mengonsumi Blackberry (buah berry)
Buah-buahan berwarna gelap seperti blackberry, bilberry dan elderberry mengandung banyak anthocyanin, yaitu antioksidan yang dapat bertindak sebagai ‘penjamin’ terjadinya ereksi yang kuat.
Penis dapat mengalami ereksi sebagian dipengaruhi oleh ketersediaan oksida nitrat, yaitu bahan kimia yang terdapat di pembuluh darah. Ketika banyak radikal bebas dalam aliran darah, maka oksida nitrat dapat turun ke bawah menuju penis dan mempengaruhi kemampuan ereksi seseorang.
Dengan masuknya kandungan anthocyanin dalam tubuh, maka antioksidan ini dapat menyerang radikal bebas sebelum terjadi pengurangan kadar oksida nitrat.
2. Berhenti merokok
Secara jelas, diketahui bahwa rokok dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, kanker paru-paru dan kanker kandung kemih. Tak hanya itu, rokok juga menyebabkan terjadinya kerusakan arteri yang menggandakan risiko total disfungsi ereksi pada pria.
3. Segera atasi stres
Stres tidak hanya merupakan masalah psikologis, tapi lebih dari itu, stres dapat lebih berbahaya. Pada saat stres, tubuh melepaskan epinefrin, yaitu adrenalin yang masuk ke dalam arteri, yang perlahan-lahan dapat menyebabkan pengerasan pembuluh darah dan menggagalkan terjadinya ereksi.
4. Berhenti mendengkur
Jangan sepelekan mendengkur, karena gangguan tidur ini dapat merusak kehidupan seksual Anda. Hal ini karena pada saat mendengkur, Anda ‘merampok’ kebutuhan oksigen yang diperlukan untuk membuat jaringan tubuh tetap sehat.
Jaringan yang ada di penis merupakan jaringan yang sangat sensitif. Jadi, mendengkur dapat berefek pada kemampuan ereksi pria.
5. Mengonsumsi dark-chocolate (coklat hitam)
Dark chocolate merupakan obat yang ampuh mengatasi disfungsi ereksi. Dark chocolate mengandung epicatechins dan flavonoid yang dapat memicu pelepasan bahan kimia dalam pembuluh darah atau endotelium, yang merupakan lapisan arteri. Dark chocolate dapat meningkatkan pelebaran pembuluh darah yang akhirnya dapat menguatkan ereksi.
6. Turunkan kadar estrogen dengan mengurangi berat badan
Estrogen dikenal sebagai hormon seks wanita, tetapi pria pun memiliki hormon estrogen yang secara normal dalam kadar yang tidak terlalu tinggi. Bila seorang pria memiliki kadar estrogen yang tinggi, maka jelas akan mempengaruhi kemampuan ereksinya.
Pria lebih sulit untuk mengubah testosteron menjadi estrogen, tapi dengan mengurangi berat badan, pria mampu menyingkirkan kelebihan estrogen dan menempatkan kehidupan seksnya kembali ke ‘jalur’ yang benar.
7. Akupunktur
Menurut hasil penelitian yang dimuat dalam International Journal of Impotence Research menunjukkan bahwa akupunktur dapat membantu mengobati disfungsi ereksi yang disebabkan secara psikogenik, yaitu kesulitan dengan keseimbangan sistem saraf simpatis dan parasimpatis.
8. Perkuat otot
Latihan yang dapat memperkuat otot seperti latihan dasar panggul alias Kegel dapat memperkuat ereksi pada pria. Melakukan latihan Kegel setiap hari selama enam bulan dapat mengembalikan fungsi seksual menjadi normal

No comments: