Tips perawatan tubuh

===
1
1. Perawatan Rambut
Rambut merupakan mahkota, terutama bagi seorang wanita. Maka dari itu seorang wanita pastinya menginginkan rambut mereka lndah dan tentungya sehat. Dibawah ini ada beberapa cara untuk perawatan rambut yaitu sbb:
a) Agar Rambut tidak Rontok dan Mencegah Kebotakan
Sediakan ½ cangkir minyak wijen, ½ cangkir minyak kelapa, 3 lembar daun waru, 3 lembar daun urang-aring, 4 lembar daun mangkokan, 1 helai daun pandan 2 butir kemiri 7 kuntum bunga melati dan satu kuntum bunga mawar serta 2 liter air bersih yang telah mendidih.
Cara membuat:
Masukkan 2 liter air mendidih kedalam sebuah panel yang telah berisi minyak-minyak yang telah berisi minyak wijen dan minyak kelapa, sedangkan bahan-bahan lainnya dirajang sampai halus, lalu dimasukkan ke dalam campuran minyak diatas, tunggu ±15 menit kemudian disaring airnya setelah itu oleskan air saringan tersebut keseluruh permukaan kulit kepala sambil dipijat seperlunya. Pekerjaan ini dilakukan ketikahendak tidur. Dan ketika bangun tidur, olesi lagi dengan air lendir yang dapat dari batang pisang yang telah diembunkan.
b) Menghilangkan Ketombe
Dengan menggunakan jeruk nipis dibelah lalu digosokkan dikulit kepala. Biarkan ±15 menit kemudian keramas sampai bersih lakukan setiap 2 hari sekali.
c) Mengatasi Rambut Bercabang
Ambil daun waru 5 lembar cuci dan dihaluskan peras ambil airnya kemudian oleskan dirambut sebelum keramas diamkan ±20 menit kemudian cuci tangan sampai bersih lakukan setiap dua hari sekali.
d) Mencegah Supaya Rambut tidak Cepat Ubanan
Buatlah air teh kental dengan air panas kira-kira satu gelas, dan malam menjelang tidur, tutuplah gelas tersebut rapat-rapat keesokkan harinya gosok-gosokkan secara rata ke kepala dengan menggunakan tangan. Lakukan secara rutin setiap hari.
2. Perawatan Wajah
Memliki wajah cantik adalah idaman dari setiap wanita.dibawah ini ada beberapa cara untuk merawat wajah yaitu sbb:
a. Mengatasi Wajah Berminyak
Kulit wajah yang berminyak cenderung ditumbuhi jerawat. Untuk mencegah wajah berjerawat sebelum tidur malam bersihkan wajah dengan air hangat sesudah sediakan mentimun diambil airnya lalu oleskan diwajah danleher.
b. Mengatasi Wajah Kering
Wajah yang kering cenderung mudah keriput untuk mencegahnya, sediakan putih telur ayam kampung secukupnya. Kocok agak keras tambah air jeruk nipis supaya tidak amis dan madu 1 sendok teh. Oleskan diwajah diamkan ±20 menit setelah kering cuci wajah dengan air hangat kemudian siramlah dengan air dingin.
c. Menghaluskan Kulit Wajah dan Mencegah Jerawat
Agar kulit wajah halus, bersih berseri-seri dan bebas dari jerawat, sebelum tidur malam bersihkan dengan air hangat lalu oleskan secara merata dengan minyak zaitun. Manfaat lain dari minyak zaitun:
I. Jika dioleskan.
Mengobati gatal-gatal, mencegah biang keringat, menyembuhkan luka, menghilangkan bintik-bintik hitam pada kulit, mengobati telinga sakit (kopoken), mengobati luka bisa ular, mengobati sariawan bibir pecah-pecah, luka bakar.
II. Jika diminum.
Mencegah kanker, mengobati diare, mengeluarkan cacing, mengobati panas dalam, mengobati luka dalam dan menurunkan kolesterol.
III. Khasiat yang lain.
Mencegah uban rambut bila diminyakkan pada kulit kepala/rambut, untuk kecantikan sebagai pembersih wajah, menguatkan gusi bila dikumurkan.
3. Melangsingkan Badan yang Gemuk.
µ Ambil daun salam 10 lembar direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih tinggal 1 ½ gelas minum 3 kali sehari.
µ Ambil mengkudu yang sudah masak diparut, peras dan ambil airnya minum 2 kali sehari.
µ Sediakan 1 sendok teh diseduh dengan air mendidih 1 gelas, tutplah, setelah dingin beri perasan air jeruk nipis minumlah pagi dan sore hari.
4. Agar Badan Gemuk, Ideal dan Sehat.
Sediakan ½ butir kelapa yang sudah tua, parut dan kemudian peraslah untuk diambil air santannya, ¼ kg kunyit (juga diparut) dan peras untuk diambil airnya. Air prasan tersebut dijadikan satu tambahkan dengsn air gula jawa secukupnya. Lalu masaklah ramuan diatas sasmpai mendidih sambil diaduk sesekali diaduk agar tidak mengental, setelah dingin minum, lakukan secara rutin.
5. Meninggikan Badan.
Hal-hal yang perlu diperhatikan:
i. Faktor keturunan (gen)
ii. Umur tidak lebih dari 20 tahun
iii. Faktor pola makanan
Anjuran:
ü Olah raga secara rutin seperti renang, jalan santai, dll
ü Kurangi beban pikiran yang berat
ü Konsumsi makanan bergizi (banyak mengandung protein)
ü Hindari minuman beralkohol
6. Memutihkan Kulit Badan.
Memutihkan kulit putih dan bersih menjadi idaman setiap orang.
Caranya: sediakan alpokat 1 buah yang matang ambil dagingnya dan haluskan kuning telur kampung 1 butir, susu segar 1 sendok makan, madu satu sendok teh, tepung Havermut 1 sendok makan dan 1 jeruk nipis ambil airnya.
Campurkan semua bahan jadi satu kemudian oleskan keseruruh tubuh, tangan, kaki, wajah, leher, diamkan ±20 menit setelah kering, mandi dengan air hangat sampai bersih kamudian siram dengan air dingin.
7. Perawatan Kuku. Kecantikan seseorang selain dilihat dari wajah dan badan tidak pula keindahan kuku, bagi yang senang memelihara kuku biar kelihatan indah, bersih dan tidak mudah patah ada beberapa hal yang perlu dilakukan:
Rendam jari kaki atau tangan dalam air hanngat yang sudah dibubuhi garam dan cuka selama ±1 menit lakukan sesekali setiap seminggu.
Agar kuku tidak mudah patah, ambil bawang putih dibelah kemudian gosokkan pada ujung-ujung kuku

No comments: