Tips Merawat Wajah Berjerawat

===

Tips Merawat Wajah Berjerawat: Jerawat, Jangan Dipencet


Jerawat Munurunkan Percaya Diri


Jerawat memang membuat kita tidak tercaya diri. Terlebih, jika muncul di bagian yang paling menonjol, misalnya di tengah-tengah hidung atau di tengah-tengah kening. Belum lagi, jika ukurannya cukup besar. Sungguh mengganggu dan membuat tidak percaya diri. Rasanya, kita tidak ingin bepergian ke mana pun selagi jerawat masih belum enyah dari wajah.


Banyak orang yang berjerawat menghabiskan uang untuk menghilangkan jerawat dari wajahnya. Berbagai tips merawat wajah berjerawat dilakukan untuk menghilangkan jerawat yang menjengkelkan. Meskipun dengan biaya perawatan yang sangat mahal. Namun, kita bisa menyembuhkan jerawat secara murah dengan mengikuti tips merawat wajah berjerawat. Memang yang namanya jerawat tidak bisa hilang secara permanen.


Faktor Hormonal


Setiap manusia pasti pernah berjerawat. Meskipun kita sudah menjaga asupan makanan, rajin membersihkan wajah dengan teratur dan disiplin, memilih produk kosmetik yang aman dan cocok dengan kulit wajah, juga menghindari stres, jerawat masih tetap muncul. Itu semua karena faktor hormon. Ada saat-saat hormon di tubuh kita meningkat dan akhirnya muncullah jerawat.


Menyerang Remaja


Jerawat, biasanya, banyak “menyerang” para remaja alias anak baru gede yang baru saja mengalami masa akil balig. Perubahan hormon dan enggan membersihkan kulit wajah memang sangat mempengaruhi dan menjadi faktor utama di kalangan remaja.


Namun, jika dibiarkan dan tidak dirawat, ia bisa menimbun dan betah berlama-lama nongkrongdi wajah kita. Jika jerawat sudah betah berdomisili di wajah kita, kita harus bisa merawat wajah agar jerawat tidak semakin menyebar dan bisa segera terusir dari wajah.


Tips Merawat Wajah Berjerawat


Berikut tips merawat wajah berjerawat.


Cuci wajah dengan sabun yang cocok dengan jenis kulit dan pastikan Anda membilasnya dengan bersih.Jangan pernah memencet jerawat karena hanya akan memperburuk keadaan.Hindari memegang-megang jerawat dengan tangan. Jika ingin menyentuh jerawat, pastikan tangan Anda bersih (dicuci dengan sabun terlebih dulu). Namun, sebaiknya, jangan pernah menyentuh jerawat.Hindari menyentuh wajah dalam keadaan tangan kotor.Hindari makanan yang dapat menimbulkan alergi sehingga muncul jerawat.Untuk wanita, hindari pemakaian kosmetik berlebih atau tebal. Jika memungkinkan jangan memakai kosmetik apapun saat wajah Anda berjerawat karena hanya akan menghambat pori-pori dan menimbulkan kotoran baru.Jangan memakai obat jerawat sembarangan dan jangan berganti-ganti memakai obat jerawat.Pakailah atau oleskan obat jerawat, sebaiknya dengan resep dokter, pada bagian yang berjerawat saja dengan tangan bersih.Jika jerawat Anda pecah karena tersentuh secara tidak sengaja, segera basuh muka Anda dan hilangkan bercak darahnya hingga bersih. Anda bisa mengoleskan antiseptik.Hindari makanan yang mengandung kadar lemak dan protein yang tinggi, seperti gorengan, telur, dan kacang-kacangan.Perbanyak mengonsumsi sayur, buah, dan air putih.Jika jerawat tidak hilang walaupun Anda sudah melakukan perawatan wajah yang dirasa cukup, konsultasikan keluhan jerawat Anda dengan dokter.


Nah, bagi Anda yang memiliki masalah dengan jerawat, Anda bisa mencoba tips merawat wajah berjerawat tersebut. Satu yang perlu diingat adalah jangan memencet jerawat karena hanya akan memperbesar pori-pori dan memudahkan debu masuk. Salah-salah malah bisa menimbulkan infeksi dan terjadi peradangan.

No comments: