Cara Kontrasepsi alami, kontrasepsi kimiawi dan kontrasepsi mekanis tanpa merusak kesuburan

===

1. Kontrasepsi cara alami


Kontrasepsi cara alami adalah dengan melakukan hubungan suami isteri pada saat isteri dalam masa tidak subur ( Istibra Berkala . Masa subur wanita biasanya terjadi pada 11-18 hari sebelum haid ( Menstruasi. Mengapa hal ini dilakukan? Perlu diketahui bahwa siklus menstruasi ovum hanya dapat di buahi selama periode tiga sampai lima hari saja. Jika siklus menstruasi tidak teratur maka kesalahan dalam menentukan tanggal sangat mungkin terjadi.


Cara alami lainnya adalah dengan melakukan ejakulasi diluar vagina namun cara ini kurang efektif karena kegagalan seri ng terjadi.


2. Kontrasepsi cara Kimiawi


Kontrasepsi cara kimiawi meliputi metode metode spermisidal dan hormonal. Cara kimiawi ini dilakukan dengan cara salahsatu dari zat kimia seperti busa, crem, jellies, suppositoria dan tissue di masukkan kedalam lubang kelamin sebelum melakukan hubungan kelamin sehingga bagian vagina dan cervix tidak memungkinkan untuk hidupnya sperma.


Pada metode hormonal umumnya di gunakan pil KB. Pil yang banyak di gunakan biasanya yang mengandung progesteron dengan kosentrasi tinggi dan estrogen dengan kosentrasi rendah. Kedua hormon tersebut akan berperan pada pituitari bagian anterior untuk menguraikan sekresi folicle stimulating hormon ( FSH ) dan Luteinising Hormon ( LH ) melalui penurunan kadar GnRF yang dikeluarkan oleh hipotalamus. Agar kadar estrogen dan progesteron dalam darah memadai maka pil KB harus diminum selama 21 hari.


3. Cara Mekanis


Kontrasepsi cara mekanis seperti pemakaian kondom oleh seorang suami dan diafragma oleh isteri. Kondom merupakan penutup penis yang terbuat dari karet dan sejenisnya yang bersifat elastis dan tidak berpori untuk mencegah masuknya sperma masuk kesistem reproduksi wanita. Sementara diafragma dipasang pada bagian cervix vagina dan digabung dengan zat kimia pembunuh sperma. Diafragma ini berfungsi untuk mencegah masuknya sperma melalui cervix.


Metode lainnya adalah menggunakan intrauterine device ( IUD ). Alat ini berupa benda tipis kecil yang terbuat dari plastik atau logam berbentuk T, angka 7, Y, koil atau spiral. IUD ini dipasang pada rongga uterus

No comments: