Berbuat Baik Sudah Tertanam dalam Otak Manusia

===

Seorang pria memberikan uang tip kepada pelayan. (Foto: Getty Images)
Seorang pria memberikan uang tip kepada pelayan. (Foto: Getty Images)

SEUSAI makan di suatu tempat, tidak sedikit pelanggan yang berbaik hati memberikan uang tip kepada pelayan restoran yang melayani. Hal ini berdasarkan hasil penelitian karena sifat baik telah terhubung dalam otak.

Teori evolusi mengajarkan kita untuk mengeluarkan sedikit uang ketika ada prospek untuk menerima sesuatu sebagai gantinya, tapi peneliti dari University of California Santa Barbara mengatakan, kebaikan sebenarnya berevolusi dengan cara operasi yang sangat sederhana.

Para peneliti percaya, manusia merasa perlu mengambil risiko untuk bersikap baik dan tidak mendapatkan apapun sebagai gantinya ketimbang menghancurkan hubungan berpotensial dan berjangka lama. Demikian seperti yang dikutip Dailymail, Senin (1/8/2011).

"Ada dua error yang dilakukan manusia saat beroperasi, dan salah satunya sangatlah berharga dibandingkan yang lainnya. Saat Anda yakin tidak akan menemui individual itu lagi, Anda mungkin memilih untuk menguntungkan diri sendiri yang ternyata Anda salah dan tetap bertemu dengannya lagi. Jika error ini yang Anda pilih, maka Anda akan kehilangan semua manfaat yang akan Anda dapatkan saat hubungan bertahan lama. Ini adalah error yang luar biasa," kata perwakilan peneliti, Profesor Leda Cosmides.

Lebih lanjut Cosmides mengungkapkan, kesalahan dalam berasumsi bahwa Anda berbaik hati dengan harapan agar hubungan dapat bertahan lama yang ternyata berakhir sia-sia, merupakan kesalahan kedua. Meski Anda menemukan kesia-siaan, namun harga untuk error yang satu ini terbilang lebih kecil.

"Pikiran kita telah diatur agar berbaik hati dan memastikan hubungan yang terjalin bisa berjangka cukup lama," paparnya.

Psikologi Dr Max Krasnow dari University of California Santa Barbara menambahkan, "Manusia di seluruh dunia ditemukan cukup baik, mereka cenderung berbaik hati kepada seseorang yang berinteraksi kepada mereka."

Penemuan tersebut ditemukan dari seringnya pengunjung restoran memberikan tip kepada pelayan restoran, meski mereka kurang menyukai restoran tersebut. Penemuan ini telah dimunculkan pada jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

Sementara itu, peneliti lain mengklaim kebaikan adalah hasil dari tekanan diri dan sosial.


  • Sibuk, Farah Quinn Tetap Masak untuk Keluarga
  • Farah Quinn Bentuk Pola Makan Anak Sejak Hamil
  • Susu Botol Bisa Jauhkan Hubungan Ibu & Anak
  • Seks Berkurang, Tanda Hubungan di Ujung Tanduk?
  • Waspada, Pihak Ketiga Ancam Kebahagiaan Pernikahan
  • Sahabat Terbaik Manusia, Anjing Digantikan oleh PC
  • 5 Langkah Ini Bikin Istri Merasa Dicintai
  • 5 Bukti Komunikasi Langgengkan Pernikahan
  • Nadya Hutagalung Sulit Punya "Me Time"


Source: http://lifestyle.okezone.com/read/2011/08/01/196/486621/berbuat-baik-sudah-tertanam-dalam-otak-manusia

No comments: