Jalan-Jalan di Taman Bikin Sehat

===
Berjalan-jalan di taman mungkin bukan suatu kebiasaan di negara kita. Maklum saja, keadaan taman di Indonesia juga banyak yang masih belum mendukung untuk acara jalan-jalan sore. Namun jika Anda menemukan taman yang bersih, menyenangkan, indah dan aman, jalan-jalan di taman harus menjadi bagian dari kehidupan Anda sehari-hari. Karena apa? Sebuah penelitian telah mengungkap bahwa berjalan-jalan dit aman tidak hanya menyenangkan, namun baik untuk kesehatan Anda. Berikut beritanya diambil dari gurgle.

Seorang peneliti perilaku dari University of Illinois, Frances 'Ming' Kuo, menyatakan bahwa meluangkan waktu di taman, hutan dan juga lahan terbuka hijau lainnya adalah kegiatan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Kuo menjelaskan, selama bertahun-tahun para ahli pertamanan, arsitek dan juga para penulis dan pelukis telah mengklaim bahwa alam memiliki healing powers, kekuatan untuk menyembuhkan, namun hingga saat ini klaim mereka belum pernah dibuktikan secara sains.

Dalam studinya, Kuo mempelajari efek dari lahan terbuka hijau terhadap manusia dalam berbagai setting yang berbeda untuk membuktikan mitos tentang alam dan kemampuannya untuk membuat kesehatan jadi lebih baik. Agar hasilnya akurat, para ilmuwan ini justru mempelajari orang-orang yang tidak ada hubungannya dengan alam untuk penelitian mereka. Satu studi fokus pada anak-anak yang dirawat oleh sebuah jaringan klinik untuk orang-orang berpendapatan rendah. Sedangkan studi lainnya mempelajari warga Britania Raya yang berusia di bawah usia pensiun, yang menempati tingkat kematian paling tinggi di negara tersebut selama tahun 2001-2005.

Penelitian ini tidak hanya mengamati tentang keuntungan dari hidup dekat dengan alam, melainkan juga mempertimbangkan laporan kriminal, tekanan darah seseorang dan juga pendapatan mereka. Hasilnya cukup signifikan. Kuo menyebutkan, sebagaimana tikus dan hewan percobaan lainnya yang mengalami kemunduran dalam kesehatan ketika berada di lingkungan yang tidak sehat, demikian pula pada manusia.

Kehidupan yang dekat dengan lingkungan membuat seseorang lebih murah hati dan lebih sosial. Dalam penelitian tersebut ditemukan ikatan sosial yang lebih kuat dengan keinginan untuk berkomunitas yang lebih besar, kepercayaan yang baik dan kemauan untuk membantu sesama yang lebih besar pula. Berdasarkan hasil ini, Kuo merumuskan lingkungan hijau dapat membantu:

  • Pemulihan seseorang dari operasi
  • Meningkatkan fungsi sistem imun
  • Membantu menstabilkan gula darah penderita diabetes

Sementara tidak pernah dekat dengan lingkungan menyebabkan efek-efek negatif berikut ini:
  • Tingkat obesitas pada anak-anak lebih tinggi
  • Tingkat penderita penyakit kardiovascular lebih tinggi
  • Tingkat kekerasan yang lebih tinggi pada anak muda dan dewasa tua

So, jangan malas untuk pergi ke lahan hijau guna berjalan-jalan dan bermain bersama anak atau sahabat. Tanaman-tanaman hijau itu menanti untuk memberikan manfaat kesehatan yang begitu besar untuk kesehatan Anda.

No comments: