SEDIKIT TENTANG SUNSCREEN

===


Saat beraktifitas di bawah terik sinar matahari, bukan hanya topi atau payung yang dibutuhkan untuk melindungi kulit, tapi juga sunscreen atau tabir surya. Sunscreen dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV).


Dalam menggunakan sunscreen, perlu diperhatikan jumlah sun protecting factor (SPF) yang terkandung dalam produk tersebut, karena angka tersebut menunjukkan berapa lama kita dapat berada di bawah sinar matahari tanpa resiko kulit terbakar. Menggunakan sunscreen dengan SPF20 berarti kulit dapat bertahan di bawah matahari dalam waktu 10 menit (initial burning time), jika memakai SPF15 berarti 15 x 10 menit, yaitu 150 menit atau 2 – 2.5 jam sebelum kulit terbakar. Semakin besar angka SPF, maka kulit semakin terlindungi. Sekarang ini telah banyak diproduksi sunscreen dengan SPF30 – bahkan SPF50 – yang tidak hanya mencegah kulit terbakar, tapi juga membantu mencegah rusaknya sel-sel DNA akibat sinar UV. Bagi yang tidak terlalu banyak beraktifitas di luar ruangan, sunscreen dengan SPF15 saja sudah cukup.


MEMILIH SUNSCREEN YANG SESUAI DENGAN WARNA KULIT


Kulit Putih

Kulit putih pada umumnya lebih tipis dengan sedikit kelenjar minyak sehingga mudah mengalami iritasi. Untuk menghindari efek kemerahan akibat penggunaan sunscreen, gunakan sunblock yang mengandung titanium dioxide atau zinc dioxide, hindari pula sunscreen yang yang mengandung avobenzone atau parsol 1789, pilih sunscreen dengan minimal SPF sebesar 30. Kerutan dan bintik kecoklatan akibat terpaparan sinar matahari biasanya lebih terlihat pada kulit putih, untuk itu gunakan produk dengan antioksidan vitamin C dan E secara teratur agar perlindungan alamiah kulit meningkat.


Kulit Sedang

Untuk mengetahui warna kulit yang sebenarnya, perhatikan kulit di bawah payudara atau bagian ujung bokong, jika ternyata berwarna sedang, pilih SPF antara 15-20.


Kulit Gelap

Kulit gelap, seperti juga kulit sedang, lebih berminyak. Pada kulit gelap, biasanya kerusakan akibat paparan sinar matahari terlihat belakangan, namun cedera bisa tetap terjadi di bawah permukaan kulit, untuk itu perlu pengaplikasian ulang SPF. Pilih sunscreen dengan formula oil free.


TIPS MEMILIH DAN MENGGUNAKAN SUNSCREEN



  • Pilih produk yang tanpa wewangian (fragrance free)

  • Untuk kulit berminyak pilih yang berbentuk gel, sedangkan untuk kulit kering dan sensitif pilih yang berbentuk krim.

  • Selalu perhatikan tanggal kadaluarsa, karena produk yang telah melewati masa itu dapat menimbulkan iritasi dan alergi.

  • Gunakan 20-30 menit sebelum beraktifitas di luar rumah

  • Usapkan sunscreen sedikitnya 2 jam sekali jika sedang berolahraga

No comments: